Tip memilih hosting


Mungkin sebelumnnya perlu kami sampaikan apa yang kami maksud dengan web hosting. Web hosting adalah sebuah server computer yang terhubung dengan jaringan internet yang melayani untuk penempatan file hasil pemrograman untuk web (file web program ) . Dengan demikian file dari hasil pemrograman web tersebut bisa kita akses melalui web browser dimanapun kita berada.


Web hosting ini biasannya ada yang dikomersialkan untuk konsumsi public dan ada yang dipakai secara pribadi. Bahkan belakangan telah muncul beberapa web hosting reseller program yang melayani secara retail. Artinnya para pemilik hosting reseller tersebut tidak mengelola server sendiri, tetapi hanya melayani para pelanggan untuk menempatkan kepada pemilik server hosting.


Dengan munculnnya para reseller web hosting ini ternyata berakibat menguntungkan dari sisi pengguna layanan tersebut. Hal ini dikarenakan pengguna bisa membeli space yang tidak begitu besar sesuai dengan kebutuhannya atau eceran(retail). Selain itu dari sisi pemilik server juga tidak perlu repot untuk melayani para pengguna web hosting yang mungkin berjumlah ribuan. Apalagi diantaranya banyak sekali para pemula yang belum mengerti cara menempatkan file pada server (upload) dan untuk mensettingnya. Sehingga semua gangguan pertanyaan ini tentu saja tidak datang langsung kepada pemilik server, tetapi akan langsung menuju ke pemilik web hosting resseler tersebut. Sehingga dari sisi pemilik server akan mengurangi biaya untuk karyawan support.


Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tip untuk pemilihan web hosting yang baik:



  1. Posisi Server Komputer Web Hosting. Sebelum anda membeli space web hosting, anda harus tahu posisi dari penempatan computer server tersebut. Yang kami maksud posisi disisni bukan berarti alamat secara lengkap, tetapi yang kami maksud cukup cakupan dari Negara, misalnnya : di Indonesia , di Australia dsb. Untuk mengecek keberadaan dari lokasi server, anda bisa menggunakan fasilitas "Whois" yang tersedia di portal website yang melayani pengecekan tersebut. Misalnnya bila anda memilih lokasi server  Negara Indonesia, maka akses internet dari pengguna internet di Indonesia akan sedikit relatif lebih cepat. Namun kekurangan dari pilihan ini adalah akses crawler dari server mesin pencari seperti Google akan sedikit bermasalah.

  2. Jaringan Internet yang dipergunakan. Anda harus memilih computer server yang tersambung langsung dengan jaringan Backbone(jaringan utama berupa kabel optic) . Jaringan ini bisa dibilang jalan Tol dari sebuah jaringan internet dari sebuah kawasan. Anda wajib mempertanyakan hal ini, bila ternyata ada perusahaan hosting kecil yang mengaku mengelola hosting mereka sendiri. Karena kemungkinan besar mereka tidak tersambung langsung ke jaringan backbone.

  3. Operating System yang dipergunakan. Sebaiknnya pilihlah Server yang mempergunakan operating system LINUK. Karena operating system ini ternyata lebih handal untuk melawan serangan virus. Selain itu beberapa fasilitas yang dipunyai Operating system LINUK ini tidak dimiliki pesaingnnya yaitu Window. Misalnnya pada operating system LINUK kita bisa mempergunakan fasilitas "cronjob" yang tidak dimiliki oleh operating system lainnya.Dengan fasilitas "cronjob" ini kita bisa membuat autorunning sebuah program secara terjadwal. Misalnnya kita ingin mengirim sebuah email yang berisi sebuah artikel kepada seluruh pelanggan pada jam 03.00 pagi secara otomatis tiap hari.Maka hal ini berarti website kita masih bekerja, sementara kita masih tidur.

  4. Fasilitas penunjang server. Pilihlah server yang memiliki downtime paling rendah. Tetu saja anda akan tidak tahu data dari reputasi server penyedia public hosting yang anda maksud sebelum anda sendiri mempunyai pengalaman dengan penyedia web hosting tersebut. Untuk itu anda bisa minta rekomendasi dari teman anda yang anda percaya. Namun jika anda tidak mau repot, anda bisa menanyakan fasilitas penunjang server kepada penyedia jasa web hosting tersebut. Misalnnya apakah server yang dimiliki ditunjang oleh fasilitas battery dan genset, ataukah ruangan server bebas banjir, ataukah server mempunyai back up, dsb.

  5. Kualitas layanan support yang baik. Anda kami sarankan tidak harus membeli space web hosting langsung kepada pemilik server. Karena bila anda harus membeli langsung ke penyedia server terkadang pelayanan dari pemilik server yang mempunyai customer sangat banyak, akan menurunkan kualitas layanan support mereka. Dan bahkan jenis layanan support mereka terkadang tidak gratis atau berbayar. Misalannya mereka menawarkan untuk ongkos setting dsb. Dengan memilih penyedia jasa hosting resseller , terkadang mereka mengerti kita secara pribadi. Dan bahkan menawarkan bantuan secara gratis. Dan yang saya tahu, harga mereka terkadang sama saja dan bahkan bisa lebih murah. Dan tak kalah pentingnnya adalah kejujuran mereka dalam melakukan bisnis. Misalnnya mereka bahkan masih mau membantu kita waktu kita akan memindahkan hosting kita, dsb.

  6. Pilihlah program application yang sesuai kebutuhan anda. Anda harus melakukan pengecekan apakah program application yang tersedia dalam computer server sesuai dengan kebutuhan anda.Misalnnya bila anda memakai pemrograman PHP, ASP, Delphi, SQL dsb, anda harus pastikan bahwa server hosting yang anda maksud telah terinstall program tsb. Selain itu tidak kalah pentingnnya anda juga harus periksa bahwa program application tersebut mempunyai versi yang terakhir (up to date).

  7. Pilihlah space sesuai dengan kebutuhan anda. Yang kami maksud space disini adalah Storage capacity (disk space) dan Transfer capacity (bandwidth). Untuk pemula , anda kami sarankan mempergunakan sekurang-kurangya storage capacity 25MB dan bandwith 1GB. Dan jika ternyata di kemudian hari pengunjung web anda ternyata banyak sekali, sehingga pemakaian untuk data base dan jumlah bandwith yang terpakai meningkat. Maka anda masih bisa mengupgrade space tersebut ditengah jalan di kemudian hari dengan menambahkan beberapa biaya.

  8. Pilihlah harga yang murah. Sengaja urusan uang ini saya tempatkan pada urutan paling bawah. Hal ini kami maksudkan bahwa anda harus memilih item diatas secara benar, baru melihat harga. Karena bila masalah teknis tidak terpenuhi apa gunannya kita harus mengeluarkan biaya. Anda harus membandingkan aple to aple. Artinnya bila semua item di atas sama-sama semua terpenuhi, anda tinggal memilih harga yang paling murah. Harga space hosting sekarang makin murah, bahkan lebih murah dari harga registrasi domainnya sendiri. Hal ini akibat dari makin tersediannya dan murahnnya hardware yang berkapasitas besar pula.


Semoga artikel ini membantu seseorang di cyberland ini. Good luck..!


Author : Hendro Budi C.

Share |
 
Tulis Komentar Anda

Ke Hal. :       Hal.: 1


DATA KOSONG..!

 
Nama *)
:

Email *)
:

Kota *)
:

Pesan *)
:

 

Code
: 3B5

Code diatas *)
:

 

 
 
ss=Tip_memilih_hosting_